Cara Bayar Pajak Paling Praktis Lewat eBilling Pajak

EBilling pajak merupakan salah satu cara bayar pajak yang paling tepat saat ini karena bisa dilakukan secara online dan memang resmi dari DJP. Adapun pemerintah berinovasi untuk membuat pembayaran pajak jadi lebih mudah lewat website dan juga aplikasi online.

Seperti diketahui, pajak merupakan sumber utama pendapatan negara yang diutamakan untuk pembangunan nasional. Jika pembayaran pajak dari wajib pajak lancar maka pembangunan negara juga menjadi semakin lancar dan dampaknya akan sangat baik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Manfaat Pajak

Ada beberapa jenis pajak yang harus dibayar mulai dari pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan, kendaraan dan masih banyak lagi. Bayaran pajak tentu saja harus dilakukan tepat waktu untuk membangun negara Indonesia semakin maju. Fungsi dari pajak akan disalurkan untuk beberapa hal.

  • Pajak akan disetorkan untuk pembiayaan yang pengeluaran negara yang sifatnya self liquidating seperti misalnya untuk biaya produksi barang ekspor.
  • Biaya pajak yang Anda setorkan juga berfungsi untuk pembangunan infrastruktur, kesehatan, anggaran pendidikan, pertanian dan masih banyak lagi.
  • Tentu saja pajak juga digunakan untuk pengeluaran dan produktif dan non self liquiditing tapi tetap bermanfaat bagi masyarakat. Misalnya untuk pembangunan sarana rekreasi dan monumen bersejarah.
  • Ajak juga punya fungsi untuk pengadaan persenjataan demi pertahanan negara dan juga pengeluaran atau santunan untuk warga yatim piatu.

Bayar Pajak Lewat Ebilling Pajak

Untuk masyarakat Indonesia maka pemerintah berinovasi dengan membuat layanan pajak secara online baik bayar ataupun lapor. Bayar pajak online disebut dengan ebilling pajak di mana metode pembayaran pajak elektronik ini menggunakan kode billing atau disebut ID billing.

Sistem billing ini merupakan pembayaran atau penyetoran pajak secara elektronik tanpa menggunakan surat SSP, SSBP dan SSPB manual. E-billing memudahkan pembayaran pajak dan juga lebih akurat. Apalagi anda jadi lebih mudah bayar pajak dimana saja dan kapan saja.

SistemĀ  bayar e-billing ini juga membantu untuk menghindari kesalahan dari pencatatan transaksi yang mungkin sering terjadi saat pembayaran dilakukan secara manual. Lewat ebilling juga, transaksi bisa dilakukan secara real-time sehingga data dan hasil transaksi anda akan langsung tersimpan pada sistem DJP.

Cara Bayar Pajak Dengan Ebilling Paja untuk Anda yang ingin melakukan pembayaran pajak lewat e-billing caranya juga sangat mudah. Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Yang pertama ada di ingatkan untuk memiliki terlebih dahulu EFIN. EFIN adalah electronic filing identification number yang dikeluarkan oleh DJP untuk wajib pajak dalam melakukan transaksi elektronik. Bahkan EFIN sendiri sudah diatur dalam undang-undang perpajakan dan EFIN bisa diakses secara elektronik untuk bayar pajak online. EFIN sendiri terdiri dari dua yaitu pribadi dan juga badan.
  • Setelah punya EFIN maka selanjutnya Anda disuruh membuat kode billing pada aplikasi e-billing Klikpajak. Kode billing umumnya terdiri dari 15 digit angka.
  • Kemudian Anda akan melakukan penginputan data setoran pajak yang isinya meliputi atas nama dan NPWP milik wajib pajak sendiri atau badan. Juga untuk atas nama dan NPWP milik wajib pajak lain dan atas nama subjek pajak yang belum atau tidak memiliki NPWP.
  • Setelah proses pembuatan ID billing pajak selesai, maka anda sudah bisa melakukan pembayaran pajak. Kini pembayaran pajak dilakukan lewat virtual account yang terhubung dengan bank persepsi yang ditunjuk oleh DJP.
  • Anda bisa langsung masuk ke halaman Home dan klik “Menunggu Pembayaran”.
  • Kemudian Anda bisa pilih jenis pajak dan klik tombol pojok kanan pada pilihan “Bayar Pajak”.
  • Anda bisa pilih menu lanjutkan sampai menemukan perintah untuk mengisi NTPN.
  • Kemudian setelah berhasil maka anda akan suruh untuk mengupload Bukti Penerimaan Negara.
  • Selanjutnya anda akan diarahkan pada pilihan ID billing pada e-billing dan siap melakukan pembayaran.
  • Setelah pembayaran dilakukan dengan menggunakan virtual account maka akan muncul nomor virtual akun, di mana Anda harus melunasi pembayaran dari nomor tersebut.
  • Pembayaran berhasil maka anda akan diarahkan ke halaman Sukses Pembayaran ID Billing
  • Dapatkan email untuk lihat status pembayaran dan anda juga akan mendapatkan email BPN dan NTPN sebagai bukti pembayaran.

Itu tadi kemudahan yang bisa anda dapatkan, ketika bayar pajak lewat ebilling pajak Klikpajak. Untuk informasi mengenai aplikasi Klikpajak memudahkan transaksi pajak secara elektronik maka langsung kunjungi klikpajak.id.